Kamis, 21 Februari 2013

Cara Berhenti Merokok

Cara berhenti merokok dengan cepat, mudah, efektif dan instant

Semua orang pasti telah mengetahui bahwa merokok adalah merupakan sebuah kebiasaan buruk yang bisa merugikan kesehatan terlebih lagi jika mengkonsumsinya dalam jangka waktu yang lama. Dan jika Anda bertanya kepada para perokok, maka sebagian besar perokok pastinya akan menjawab bahwa mereka telah mengetahui efek negatif dan bahaya yang ditimbulkan dari rokok. Meskipun begitu, nyatanya banyak pecandu rokok yang merasa begitu kesulitan untuk menghentikan kebiasaan buruk ini.
Cara Berhenti Merokok
Tahukah Anda jika faktanya sebatang rokok mengandung lebih dari 4.000 zat kimia yang didalamnya terdapat senyawa dari zat-zat berbahaya seperti arsenik, aseton, butan, sianida dan juga karbon monoksida?. Zat-zat berbahaya tersebut ada di dalam setiap batang rokok. Bahkan bukan hanya itu saja, akan tetapi juga terdapat lebih dari 700 jenis zat kimia berbahaya yang dicampurkan kedalam rokok guna semakin menambahkan kenikmatannya. Bahan-bahan tambahan yang dicampurkan kedalam rokok inlah yang membuat sebuah rokok memiliki aroma serta cita rasa yang berbeda dengan merk-merk rokok lainnya.
Cara berhenti merokok dengan cepat, mudah dan instant - www.terbaik-indonesia.com
Bagi Anda yang pada saat ini menginginkan perubahan dan menginginkan pola hidup yang lebih sehat dengan berhenti merokok, maka semoga saja informasi yang terkandung dalam artikel mengenai cara mudah berhenti merokok ini bisa membantu Anda. Lalu apa sajakah tips-tips berhenti merokok yang bisa Anda lakukan dengan cepat, mudah, efektif dan instant?. Inilah beberapa diantaranya:
1. Mengurangi konsumsi rokok secara perlahan dan bertahap.
Meskipun judul artikel ini terdapat kata "instant", namun pada hakikatnya semua butuh proses bahkan untuk hal yang instant sekalipun. Efek dari berhenti merokok secara langsung dan instant malah justru bisa mengakibatkan stress pada sebagian besar orang. Oleh karenanya lakukanlah secara perlahan-lahan dengan cara mengurangi jumlah konsumsi rokok secara bertahap. Misalnya jika hari ini Anda mengkonsumsi rokok 1 bungkus, besok harus Anda kurangi menjadi 1/2 bungkus, kemudian esoknya kembali dikurangi hingga menjadi 3 batang dan begitu seterusnya hingga Anda benar-benar bisa berhenti merokok secara total.
2. Mengganti rokok dengan cemilan sehat.
Saat seseorang baru berhenti merokok biasanya akan ada kesan "kehilangan" dari sebuah aktifitas yang biasanya rutin dilakukan. Pada saat inilah dibutuhkan semacam solusi untuk mengalihkan rasa "kehilangan" Anda dengan cara mengkonsumsi cemilan sehat, permen, susu atau apa saja yang sekiranya menyehatkan. Selain memberikan efek ketenangan, adanya cemilan juga bisa menjadi "teman" pengganti rokok di sela-sela aktifitas Anda.
3. Kesadaran akan konsekuensi yang ditimbulkan oleh rokok.
Menumbuhkan kesadaran akan bahaya serta konsekuensi negatif dari yang ditimbulkan oleh rokok adalah hal penting yang harus Anda pikirkan. Menjauhi teman-teman Anda yang perokok bukanlah jawaban atas masalah Anda karena pada kenyataannya banyak juga orang-orang yang tidak terpengaruh untuk merokok meskipun bergaul dengan perokok. Kesadaran dari dalam diri sendiri, itulah yang menjadi point penting dari proses berhenti merokok.
4. Niat, target dan usaha yang maksimal.
Niat merupakan modal awal yang harus Anda miliki terlebih dahulu sebelum Anda mengatakan "tidak" terhadap rokok karena pada dasarnya jika tanpa niat, usaha Anda untuk bisa berhenti merokok pasti tidak akan menjadi maksimal. Namun jika dilandasi dengan niat, maka yakinlah bahwa keinginan Anda untuk bisa berhenti merokok bukanlah hal yang tidak mungkin untuk bisa dilakukan. Niat dan usaha yang Anda lakukan kemudian dikerucutkan menjadi target-target, misalnya tetapkan jangka waktu yang jelas kapan Anda benar-benar berhenti merokok.
5. Lakukan olahraga yang teratur.
Salah satu motivasi Anda untuk berhenti merokok pastinya karena alasan kesehatan bukan?. Nah, jika Anda memang ingin menjadi lebih sehat tanpa rokok, lalu mengapa tidak melakukan olahraga secara teratur juga?. Olahraga merupakan salah satu aktifitas sehat menyehatkan yang sekaligus bisa memulihkan fungsi-fungsi organ tubuh Anda untuk bisa menjadi normal kembali setelah Anda menjadi seorang perokok.
6. Berdoa agar diberi kemudahan dalam proses berhenti merokok.
Sebagai orang yang beragama tentunya doa merupakan sebuah hal yang penting. Doa merupakan sebuah bentuk permohonan positif dari seorang hamba kepada Tuhan-nya. Oleh karenanya jika Anda berdoa dan memohon agar diberikan kemudahan dan kekuatan dalam proses berhenti merokok tentu tidak akan ada salahnya.
Nah, itulah informasi mengenai tips cara berhenti merokok dengan cepat, mudah, efektif dan instant yang bisa Anda lakukan. Pastinya masih begitu banyak lagi tips-tips cara berhenti merokok lainnya yang belum dibahas, namun semoga saja artikel singkat ini bisa bermanfaat. Selamat berhenti merokok dan semoga berhasil.


(note  :idharul fathan dan berbagai sumber lainnya di internet tentang bahaya merekok)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar